Rabu, 27 Mei 2009

Promosikan website atau blog bisnis milik Anda

Sekarang website atau Blog anda sudah jadi, tinggal bagaimana agar bisa menarik pengunjung untuk membaca. Istilah kerennya sih.. traffic ke website anda harus lumayan tinggi. Bagaimana bisa sukses berbisnis jika weblog anda tidak ada yang membaca, ibarat toko yang tanpa didatangi calon pembeli dong….Wah..bisa bangkrut nih..he..he..he..

So, langkah berikutnya adalah melakukan promosi. Banyak sekali media promosi bisnis yang bisa dipilih, baik yang gratis maupun membayar. Entah itu offline atau online… Silahkan anda tentukan sendiri, yang bisa saya kategorikan menjadi :

1.Iklan Konvensional/offline
Banyak sekali pilihan iklan konvensional alias media offline untuk promo website anda, misalnya lewat koran, tabloid, radio, televisi, spanduk, banner, stiker. Tapi semua itu harus bayar dan relatif mahal untuk ukuran bisnis online. Atau bisa juga promo gratis website anda lewat arisan di kampung, ngegossip bersama, cangkrukan di warung kopi dan sebagainya.

2.Iklan Online Berbayar
Selain media konvensional/offline, di internet juga banyak tersedia media iklan berbayar. Misalnya lewat Adwords-nya google, Indonetwork, kumpulblogger dan sebagainya. Siapkan dana dan hitung secara cermat sebelum memilih media iklan karena bisa-bisa rekening anda jebol kalo antara pemasukan dan pendapatan bisnis online anda tidak seimbang alias merugi.

3.Iklan Baris Gratis
Di internet banyak sekali layanan iklan baris gratisan yang bisa anda pilih. Jangan malu dan pesimis dulu lho..sekalipun gratis saya pernah mencoba, dan terbukti bisa membantu meningkatkan traffic ke website anda. Sebagai contoh adalah www.forumiklan.com atau www.bekas.com

4.Daftar Pada Search Engine
Agar weblog anda mudah ditemukan lewat search engine atau situs pencari, maka anda harus segera mendaftarkan ke situ search engine terutama milik google dan yahoo karena kedua situs inilah yang paling banyak digunakan. Ada baiknya juga anda gunakan jasa gratis dari situs pendaftar search engine seperti www.submitexpress.com, jika anda ingin lebih praktis.

5.Daftar pada Situs Direktori web
Selain mendaftarkan pada search engine, sebaiknya daftarkan pula website anda pada situs direktori web. Banyak sekali kok, salah satunya adalah technocrati, www.topseratus.com, atau www.blog-indonesia.com

6.Join pada Web Social Networking
Anda mungkin sudah mendaftar pada Facebook, Friendster, MySpace dan sebagainya. Gunakan media ini sebagai promosi weblog pada rekan-rekan anda, tidak ada salahnnya kok.

7.Join pada Forum
Media Forum diskusi juga sebuah pilihan tepat untuk promo website bisnis online anda. Namun jangan terlalu norak ya, biar gak dibanned sama pengelolanya. Contoh media forum adalah www.kaskus.us

8.Mailing List
Mailing List alias Mailist juga bisa digunakan sebagai media promo lho..

9.Blog Walking
Sempatkan juga untuk blogwalking alias jalan-jalan ke blog tetangga internet anda. Selain untuk menambah perkenalan, juga bisa untuk mendapatkan link back terutama jika blog yang anda kunjungi sudah menerapkan “Do Follow”. Apa itu Link Back dan Do Follow, akan saya infokan pada artikel mendatang.

10.Chatting
Anda hobi berlama-lama di chatroom, alias hobi chatting ? Jangan lupa promosikan website anda melalui ajang chatting. Dijamin pasti Maknyuss..asal website anda sudah “layak dilihat” sebab kalo tidak malah diketawain sama rekan chatting anda…he..he..he..

Nah, banyak sekali cara untuk mempromosikan weblog bisnis online anda, Selamat mencoba ya…

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP