Kamis, 28 Mei 2009

Mengoptimalkan Search Engine Google dan Yahoo sebagai media promosi bisnis anda

Jika Anda saat ini telah belajar menekuni bisnis berbasis internet atau bisnis online, maka anda pasti berpikir hal yang sama dengan saya. Dengan cara apakah calon pembeli menemukan website bisnis saya ? Saya yakin anda juga tahu jawabannya, ya jelas pasti melalui pencarian tema di situs search engine . Terus, situs search engine apa yang paling sering digunakan saat ini…ha..ha..anda pasti juga tahu dong…Iya..benar sekali pasti pake Search Engine Google atau Yahoo dong.

Saat ini kalangan pebisnis online sudah menyadari betapa pentingnya mengoptimalkan media situs search engine untuk mendapatkan calon pembeli ptensial mereka. Mengapa demikian, karena media ini adalah sarana promosi yang tidak kenal batas tempat dan batas waktu, sepanjang masih dapat terjangkau lewat internet. Dengan perkembangan jumlah pengguna internet yang makin besar dari waktu ke waktu dan semakin mudahnya akses internet, search engine dapat menggantikan fungsi seorang sales marketing yang sangat hebat sekalipun.

So, langkah selanjutnya yang akan sama-sama kita pelajari adalah bagaimana cara agar calon pembeli dapat dengan mudah menemukan website bisnis kita. Tentu saja adalah dengan menempati urutan halaman awal search engine, bahkan kalau perlu di ranking 1 halaman pertama dong ! Bagaimana caranya ya…ayo kita bahas bersama-sama juga…biar sama-sama sukses berbisnis online ya ?

Bila kita mengetikkan satu tema / keyword di search engine, di halaman pertama google pasti akan menampilkan hasil pencarian yang terbagi dua, yaitu hasil pencarian alami (natural listing) dan hasil pencarian iklan berbayar (paid listing).

Contoh : ketik di google keyword/kata kunci “sewa mobil”, maka hasilnya adalah pada halaman pertama google menampilkan 10 dari 583.000 dari hasil telusur seperti gambar dibawah ini :


Penjelasannya adalah sebagai berikut :

1.Hasil pencarian iklan berbayar (paid listing)
Google menyediakan jasa iklan paid per click (ppc) melalui media Adwords, dimana paid listing akan selalu tampil di halaman muka tepatnya di urutan teratas dengan background warna kuning dan disebelah kanan halaman yang keduanya ditandai dengan kata : Pesan Sponsor. Fenomnena ini akan selalu demikian, sesuai dengan kategori yang paling mirip dengan keyword yang diketikkan di kolom pencarian. Jangan ngiri ya, maklum kan mereka sudah berani bayar ke om google he..he… Tapi metoda paid listing ini tak ada salahnya dicoba bagi anda yang ingin mendapatkan perhatian lebih supaya website bisnis anda cepat banyak pengunjungnya. (Modal dikit dong, kan gak papa ya?)

2.Hasil pencarian alami (natural listing)
Nah, selain hasil pencarian paid listing, ada pula yang namanya natural listing alias nebeng iklan tanpa bayar alias gratisan alias percuma (kata orang Malaysia) di urutan teratas search engine.

Bagaimana caranya demikian, menurut literatur yang saya baca (maklum saya juga belajar nih) ada banyak faktor yang mempengaruhinya yaitu :
a.pemilihan keyword / kata kunci
b.kualitas content/isi dari halaman website
c.jumlah keyword pada masing-masing halaman posting
d.pemilihan judul halaman relevan dengan content posting
e.click popularity/ banyaknya pengunjung yang meng-klik website
f.link popularity/ banyaknya web lain yang me-link website tersebut
g.pemilihan judul dan deskripsi website relevan dengan tema posting
h.nama URL website senada dengan tema content/isi halaman

Wah, kalo yang gratisan kok banyak sekali syaratnya ya ? Jadi minder duluan nih...ah gak boleh nyerah dulu…, untuk tip dan trik pada kategori kedua akan sama-sama kita bahas pada artikel berikutnya di weblog ini. Soalnya kalo ditulis disini gak bakal cukup satu jam bacanya he..he..he

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP